Penilaian Jenis dan/atau Verietas Ikan Gabus, Ikan Lele, Ikan Mas dan Udang Galah

Dalam rangka pengembangan jenis dan/atau varietas ikan unggul yang akan dibudidayakan sesuai dengan PerMen No. 24/MEN/2008 tentang Jenis Ikan Baru Yang Akan Dibudidayakan serta menindak-lanjuti surat Permohonan Penilaian Pelepasan Jenis dan/atau Varietas Ikan Gabus Hasil Domestikasi oleh Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Mandiangin Nomor : B.1931/BBAT.MDG/DL.210/IX/2014, surat permohonan Penilaian Pelepasan Jenis dan/atau Varietas ikan Lele Tumbuh Cepat Hasil Seleksi Individu oleh Balai Penelitian Pemuliaan Ikan Sukamandi Nomor : 16.3/BalitbangKP/BPPI/LB.220/X/2014 serta surat Permohonan Penilaian Pelepasan Jenis dan/atau Varietas Udang Galah (Macrobranchium rosenbergii) Hasil Seleksi Individu dan ikan Mas (Cyprinus carpio) Tahan Penyakit oleh Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar Sukabumi Nomor : 2302/BBPBAT/TU.110/IX/2014, maka diselenggarakan Kegiatan Penilaian Pelepasan Jenis dan/atau Varietas untuk komoditas tersebut pada tanggal 27-29 Oktober 2014 di Bogor – Jawa Barat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapuslitbang Perikanan Budidaya, Dr. Ir. Tri Heru Prihadi, M.Sc, yang sekaligus membuka pertemuan dimaksud serta Direktur Perbenihan, Dr. Drs. Djumbuh Rukmono, MP. Adapun Tim Penilai yang hadir terdiri dari : Ir. Bambang Susanto, M.Si, Dr. Andi Parenrengi, Dr. Anang Hari Kristanto, Dr. Imron, Prof. Dr. Ketut Sugama, Prof. Dr. I Nyoman Adiasmara Giri, Dr. Endhay Kusnendar, Dr. Angela Mariana L., Dr. Estu Nugroho, Dr. Ratu Siti Aliah, Dr. Alimuddin, Dr. Nur Bambang Priyo Utomo, Ir. Adang Sudjana, Ir. Sarifin, MS, Dr. M.Murdjani dan Ir. Iskandar Ismanadji.

Adapun hasil kegiatan dimaksud dapat diuraikan sebagai berikut :

1. Berdasarkan hasil diskusi dan penilaian oleh Tim Penilai maka pemuliaan ikan Gabus hasil domestikasi Tim Pemulia BPBAT Mandiangin dinyatakan lulus bersyarat dengan tenggang waktu perbaikan dokumen dan data selama 7 (tujuh) hari kerja sejak penilaian tersebut. Ikan Gabus hasil domestikasi tersebut dapat diusulkan untuk dilepas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan dengan Nama ”Ikan Gabus Haruan”.

2. Berdasarkan hasil diskusi dan penilaian oleh Tim Penilai maka pemuliaan ikan Lele Tumbuh Cepat Hasil Seleksi Individu Tim Pemulia BPPI Sukamandi dinyatakan lulus bersyarat dengan tenggang waktu perbaikan dokumen dan data selama 7 (tujuh) hari kerja sejak penilaian tersebut. ikan Lele tersebut dapat diusulkan untuk dilepas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan dengan Nama ”Ikan Lele Mutiara”.

3. Berdasarkan hasil diskusi dan penilaian oleh Tim Penilai maka pemuliaan ikan Mas Tahan Penyakit Tim Pemulia BBPBAT Sukabumi dinyatakan lulus bersyarat dengan tenggang waktu perbaikan dokumen dan data selama 7 (tujuh) hari kerja sejak penilaian tersebut.

4. Berdasarkan hasil diskusi dan penilaian oleh Tim Penilai maka pemuliaan Udang Galah Seleksi Individu oleh Tim Pemulia BBPBAT Sukabumi dinyatakan lulus bersyarat dengan tenggang waktu perbaikan dokumen dan data selama 7 (tujuh) hari kerja sejak penilaian tersebut. Udang Galah tersebut dapat diusulkan untuk dilepas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan dengan Nama ”Udang Galah SIRATU”. 

 

Sumber : DJPB

 

BIdang Pelayanan Teknis

Puslitbang Perikanan Budidaya

Leave a Reply