TINGKATKAN KUALITAS KOI BLITAR, KKP APLIKASIKAN PAKAN WARNA BALITBANGDIAS DI MASYARAK

Blitar, 2 Desember 2014“Indonesia harus dapat mengoptimalkan potensi berbagai komoditas ikan hias yang dimiliki setiap daerahnya. Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, berbagai aspek produksi mulai dari sisi kuantitas, kontinuitas, hingga kualitas produk yang dihasilkan menjadi syarat wajib yang harus diperhatikan agar mampu menjaga sektor akuabisnis ikan hias Indonesia di pasar domestik maupun internasional. Untuk membantu kegiatan produksi di masyarakat, sentuhan IPTEK diperlukan guna menjawab permasalahan serta meningkatkan daya saing produk yang dihasilkan”, ungkap Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Budidaya (P4B), Dr. Ir. Tri Heru Prihadi, M.Sc, saat dihubungi via telpon.

Terkait hal tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias (Balitbangdias) gencar melakukan pendampingan dan perbaikan teknologi melalui diseminasi hasil litbang teknologi budidaya ikan hias di masyarakat, seperti halnya yang dilakukan pada komoditas ikan hias koi (Cyprinus carpio) di Sentra Ikan Hias Kabupaten Blitar. Bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar, kegiatan ini dilakukan sebagai alih teknologi yang dihasilkan Balitbangdias untuk meningkatkan kualitas ikan koi hasil produksi masyarakat di Kecamatan Kedung Waru, Bondo Sari, Sanan Kulon, dan Penataran, Kabupaten Blitar.

Selaku Tim Peneliti Pakan Balitbangdias, Sukarman, S.Pt, mengungkapkan bahwa “Rendahnya kualitas warna koi yang dihasilkan merupakan satu permasalahan yang sering ditemui di tingkat pembudidaya. Hal tersebut terjadi diantaranya karena pakan yang digunakan umumnya adalah pakan lele yang tidak memiliki tambahan nutrien untuk meningkatkan kualitas warna ikan koi”. Selanjutnya, peneliti yang tengah menyelesaikan pendidikan S2-nya pada program studi Nutrisi ini juga menambahkan bahwa, “Melalui aplikasi hasil litbang Tim Peneliti Pakan Balitbangdias, kami berharap dapat memberikan solusi yang membantu masyarakat untuk meningkatkan kualitas warna ikan hias koi yang dihasilkan”.

Kontak untuk wawancara :

  • Dr. Ir. Tri Heru Prihadi, M.Sc, Kepala Puslitbang Perikanan Budidaya KKP (Telepon : 0812 8342 342)
  • Ir. Sugianto, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar (0812 3319 9815)
  • Anjang Bangun Prasetio, M.P., Kepala Balitbangdias KKP (Telpon : 0852 1599 8045)
  • Sukarman, S.Pt, Peneliti Pakan Warna Balitbangdias KKP (Telpon : 0813 8261 0429)
  • Pamuji, Ketua Pokdakan Mina Brawijaya Kabupaten Blitar (Telpon : 0823 3823 2424)

Link Artikel lengkap klik disini

 

 

Bidang Pelayanan Teknis

Puslitbang Perikanan Budidaya

Leave a Reply