LAPORKAN HASIL LITBANG, BALITBANGDIAS SELENGGARAKAN SEMINAR SEHARI

93Seminar-sehari-depok

Depok, 2 Februari 2015 – Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias (Balitbangdias) menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian dan Pengembangan tahun anggaran 2014. Dilaksanakan di Aula Balitbangdias, kegiatan ini merupakan bentuk laporan pertanggungjawaban para peneliti Balitbangdias yang telah selesai melakukan kegiatan penelitiannya. Pada tahun anggaran 2014, kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan Balitbangdias berjumlah 12 judul, terdiri atas: Eksplorasi Sumberdaya Genetik Ikan Hias Indonesia (2 kegiatan), Teknologi Inovasi Budidaya Ikan Hias (2 kegiatan), Teknologi Budidaya Ikan Hias (5 kegiatan), dan Teknologi Pengembangan Budidaya Ikan Hias (3 Kegiatan).

Dihadiri Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Budidaya (P4B), Dr. Ir. Tri Heru Prihadi, M.Sc, beliau menghimbau bahwa kegiatan litbang harus mengacu pada kedaulatan, kesejahteraan, mempunyai sustainabilitas, harus akuntabel, terintegritas, dan tidak ada rahasia. Untuk hasil kegiatan litbang sendiri, Tri Heru menyampaikan bahwa hasil litbang harus bisa masuk dalam jurnal yang nantinya akan difasilitasi P4B dengan 4 kali penerbitan. “Disinilah peran evaluator, bagaimana saran dan masukan evaluator dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas laporan agar bisa masuk dalam jurnal”, ujar Tri Heru. Selanjutnya Kepala Puslitbang Perikanan Budidaya ini juga menekankan bahwa hasil kegiatan harus jelas pengguna dan dapat memberi masukan untuk institusi.

Berbagai topik litbang ikan hias dipaparkan para presenter mulai dari: (1) sumberdaya genetik ikan hias lahan gambut dan bioekologi ikan letter six, (2) penggunaan hormon rGH untuk memacu pertumbuhan ikan botia, (3) pemantapan teknik pemijahan tigerfish melalui pemijahan alami, buatan, bioekologi, teknologi pakan, dan modifikasi lingkungan, (4) evaluasi warna ikan hias clown biak hasil budidaya melalui pakan, (5) teknologi pendederan benih ikan hias rainbow melalui rekayasa lingkungan dan pakan, (6) evaluasi kualitas fenotipe dan genotipe ikan hias clown biak (Amphiprion sp.) hasil budidaya, (7) produksi strain ikan cupang melalui rekayasa genetika ditunjang dengan evaluasi manajemen pakan benih, (8) studi prototipe filter mini untuk menunjang optimalisasi akuarium ikan hias, (9) perbaikan media pada kultur hidroponik tanaman air, hingga (10) pengembangan teknologi budidaya ikan hias di masyarakat.

Sebagai evaluator dalam kegiatan Seminar Hasil Balitbangdias 2014, hadir Dr. Endhay Kusnendar dari Komisi Litbang KKP serta Dr. Kukuh Nirmala, Dr. Alimuddin, Dr. Nur Bambang Priyo Utomo, dan Dr. Agus Oman Sudrajat dari Institut Pertanian Bogor untuk memberi saran dan masukan terhadap laporan litbang yang disampaikan. Sedangkan para undangan yang hadir selama kegiatan terdiri dari Kabid Monev, Kabid TO, Kabid PT dari P4B, para peneliti dan pejabat struktural Balitbangdias.

Selama kegiatan berlangsung, beberapa catatan penting dari para evaluator diantaranya mengenai : (1) permasalahan dan tujuan pelaksanaan penelitian, (2) kelengkapan pustaka, gambar, metode, hasil dan pembahasan, (3) keterkaitan antara judul, tujuan, dan kesimpulan, (4) output dan manfaat yang dihasilkan, (5) teknis pelaksanaan penelitian, serta (6) berbagai saran dan masukan untuk pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengembangan, jurnal, komersialisasi produk litbang, serta monitoring dan evaluasi untuk kegiatan pengembangan di masyarakat.

Menanggapi seluruh masukan dan saran dari para evaluator, Anjang Bangun Prasetio, M.P, selaku Kepala Balitbangdias menyampaikan bahwa ke depan : (1) para evaluator akan dilibatkan sebagai tim peneliti, (2) perencanaan (proposal) – proses – hasil harus sinkron dengan melibatkan evaluator yang sama (tidak berganti-ganti), (3) format pelaporan harus sesuai Indek Kinerja Utama, (4) seleksi Jurnal sesuai masukan evaluator akan dilaksanakan bulan Maret, dan (5) untuk meningkatkan keilmuan Peneliti, akan dilaksanakan Seminar Sehari terkait penelitian dasar.

Selain arahan, paparan, dan evaluasi hasil litbang Balitbangdias, acara juga diisi oleh serah terima kenang-kenangan kepada Dra. Darti Satyani, MS, selaku peneliti senior Balitbangdias yang telah pensiun, atas karya dan pengabdiannya terhadap perkembangan budidaya ikan hias.[*]

 

Bidang Pelayanan Teknis

Puslitbang Perikanan Budidaya

Leave a Reply