Susi Pudjiastuti, 100 hari menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan

Jakarta, 30 Januari 2015. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti hari ini genap 100 hari bekerja bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dalam rangka 100 hari kerjanya, Menteri Susi berkumpul bersama seluruh pegawai KKP di Ballroom Gedung Mina Bahari III Kantor KKP, Jakarta Pusat, Jum’at (30/01).

Kegiatan ini mengusung tema Refleksi 100 Hari Berkantor Bersama KKP dan Pemantapan Program Kerja Pasca 100 Hari Kabinet Kerja. Pejabat Eselon I dan ribuan karyawan KKP hadir dalam kegiatan tersebut. Selain itu Menteri Susi juga melepaskan Lele Mutiara sebagai Strain baru Ikan Lele Unggul hasil penelitian dari Balai Penelitian Pemuliaan Ikan, Sukamandi.

Pemberian nama Lele “Mutiara” merupakan kependekan dari Mutu tinggi mudah dipelihara. Upaya peningkatan performa pertumbuhan Ikan lele Mutiara ini dimulai tahun 2010 sampai dengan 2014, dengan target pertumbuhan lebih dari 30%. Pada tahun 2010 dilakukan penelitian melalui tahap koleksi, karakterisasi dan evaluasi populasi induk pembentuk yang terdiri dari ikan lele paiton, sangkuriang,dumbo/lokal, dan mesir. Pada tahun 2011 dilanjutkan dengan pembentukan populasi dasar sintesis melalui persilangan dua arah. Hasilnya, tahun 2012 pembentukan populasi generasi pertama, dan dilanjutkan generasi populasi kedua ditahun 2013 dan ketiga di tahun 2014.

Pembentukan populasi-populasi tersebut dilakukan dengan  melakukan seleksi individu pada karakter laju pertumbuhan menggunakan parameter ukuran bobot tubuh. Strain unggul baru ini dinyatakan lulus penilaian pelepasan pada tanggal 27 Oktober 2014 dengan nama “MUTIARA”

 

Bidang Pelayanan Teknis 

Puslitbang Perikanan Budidaya

 

Leave a Reply