Siaran Pers : Model Penerapan Iptek Budidaya Udang Galah Bersama Padi (UGADI), Sleman

8ugadi-sleman

Sleman, Yogyakarta. Badan Penelitan dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Budidaya (Puslitbang PB) dengan Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sleman  bekerjasama untuk melakukan kegiatan IPTEKMAS atau Model  Penerapan Iptek Budidaya Udang Galah Bersama Padi (UGADI) dengan benih (tokolan 2) GI Macro II di Kabupaten Sleman. Penandatanganan perjanjian kerjasama antara Puslitbang PB dan Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sleman diketahui oleh Kepala Badan Litbang KP dan Bupati Sleman dan disaksikan langsung oleh Gubernur D.I. Yogyakarta.

 

Penerapan Iptek Budidaya UGADI dengan GI Macro II terfokus pada pemanfaatan benih unggul udang galah strain GI Macro II hasil seleksi individu dari BPPI Sukamandi yang induknya telah disampaikan ke BBUG Samas untuk dapat diproduksi benihnya sebagai benih sebar kepada masyarakat (pembudidaya udang galah khususnya untuk pentokol/pendederan di DIY), selain juga memodifikasi pengelolaan sawah minapadi dengan standar  operasional prosedurnya yang disesuaikan dengan karakteristik udang galah di sawah.

 

Saat ini, pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali menggalakkan program minapadi yang dipadu dengan budidaya udang galah. Program ini disebut UGADI dengan mengoptimalkan fungsi lahan sawah irigasi. UGADI merupakan pengembangan dari MINA PADI yang lebih dulu diperkenalkan ke masyarakat.  UGADI merupakan salah satu langkah guna memininalisasi alih fungsi lahan padi. Seperti sudah banyak diketahui bahwa banyak lahan padi yang berubah fungsi dan menggerus lahan sawah yang mengancam ketahanan pangan nasional. Dengan metode ini diharapkan alih fungsi lahan sawah dapat berkurang dan dapat meningkatkan produktivitas pembudidaya dan meningkatkan ketahan pangan nasional (KKP, 2013).

 

Siaran Pers detai —>>> klik disini

 

Bidang Pelayanan Teknis

Puslitbang Perikanan Budidaya

Leave a Reply