FITA 2016

Pelaksanaan Kegiatan :

FITA : 25 April 2016

INDOAQUA-FITA : 26 April 2016

 

PENDAHULUAN

Sejak tahun 2012 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah mencanangkan kebijakannya yaitu mengembangkan industrialisasi kelautan dan perikanan, dengan tujuan untuk meningkatkan kontribusi sektor kelautan dan perikanan terhadap pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Melalui industrialisasi, para pelaku usaha perikanan mulai dari nelayan, pembudidaya ikan, serta pengolah dan pemasaran hasil perikanan diharapkan dapat meningkatkan produtivitas, nilai tambah dan daya saing, sekaligus membangun sistem produksi yang modern dan terintegrasi dari hulu sampai ke hilir. Dengan demikian, industrialisasi perikanan diharapkan mampu mengokohkan struktur usaha perikanan nasional, yang membawa multiplier effect sebagai prime mover prekonomian nasional.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan (Puslitbang Perikanan) sebagai institusi yang bertanggungjawab dalam bidang penelitian dan pengembangan perikanan baik budidaya maupun sumberdaya memandang bahwa kebijakan tersebut merupakan tantangan dan peluang yang sangat baik dalam pengembangan produk dan teknologi perikanan khususnya budidaya yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Dalam rangka mendukung kebijakan tersebut serta sebagai bentuk pertanggungjawab atas mandat yang diberikan, Puslitbang Perikanan berencana akan menyelenggarakan kegiatan FORUM INOVASI TEKNOLOGI AKUAKULTUR (FITA) 2016. FITA merupakan program kerja tahunan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan, untuk tahun 2016 ini diselenggarakan dengan dukungan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dan Universitas Airlangga. Penyelenggaraan FITA ditujukan sebagai ajang penyebarluasan hasil penelitian dan berbagi informasi tentang perkembangan produk dan teknologi perikanan yang dikemas dalam bentuk seminar hasil penelitian.

Selain itu, kegiatan FITA tahun 2016 ini juga diselenggarakan untuk mendukung penyelenggaraan FITA-IndoAqua tanggal 26 April 2016 serta Asian-Pacific Aquaculture 2016 yang akan diselenggarakan pada tanggal 27-29 April 2016.

TEMA

Tema yang akan diusung dalam FITA 2016 adalah “Inovasi Teknologi Akuakultur Dalam Mendukung Kedaulatan dan Keberlanjutan Usaha Budidaya Menuju Masyarakat Perikanan Sejahtera”.

KEGIATAN

FITA 2016 kali ini diselenggarakan dalam bentuk seminar hasil-hasil penelitian perikanan dan dibagi dalam dua kategori yaitu Presentasi Oral dan Prensentasi Poster. Untuk presentasi orang dibagi dalam empat sesi, yaitu:

  1. Teknologi Akuakultur Berkelanjutan
  2. Nutrisi dan Teknologi Pakan
  3. Lingkungan Perairan dan Kesehatan Ikan
  4. Genetika dan Reproduksi

 

Kegiatan FITA 2016 akan diisi oleeh presentasi Keynote Speakers, antara lain:

  1. Prof. Patrick Sorgeloos (Ghent University, Belgium) : “New Microbial Management Techniques for Improved Aquaculture Outputs at Hatchery and Growout Stages
  2. Dr. Farshad Shishehchian (Blue Aqua Intl., Singapore) :”Science Behind Shrimp Farming

Sedangkan dalam kegiatan IndoAqua-FITA akan disampaikan presentasi Narasumber dari berbagai disiplin ilmu dalam bidang perikanan, yaitu:

  1. Don Griffiths (Operation Director, Fish Vet Group)
  2. Prof. Sena De Silva (Deakin University Australia)
  3. Craig Browdy (Director of Research and Development Ziegler Bros. Inc, USA)
  4. Albert G.J. Tacon, Ph.D. (Technical Director of Aquatic Farms Ltd.)
  5. Rohana Subasinghe (Fisheries and Aquaculture Department, Food and Agriculture Organization (FAO)
  6. George Chamberlain (Aqua and Global Aquaculture Alliance)

Oleh karena itu, diharapkan para peneliti dapat segera menyiapkan naskahnya dan berpartisipasi aktif pada kegiatan FITA dan IndoAqua-FITA 2016.

 

WAKTU DAN TEMPAT

Forum Inovasi Teknologi Akuakultur
Hari, Tgl        :    Senin, 25 April 2016
Waktu            :     08.00 – 17.00 WIB
Tempat         :     Hotel Harris, Jl. Bangka 8-18, Surabaya – Indonesia

INDOAQUA-FITA
Hari, Tgl        :    Selasa, 26 April 2016
Waktu            :     08.00 – 15.30 WIB
Tempat         :     Grand City, Jl. Gubeng Pojok Dalam, Surabaya – Indonesia

 

PESERTA

FITA 2016 terbuka untuk umum dengan peserta yang berasal dari :

  1. Pemerintah Pusat dan Daerah
  2. Peneliti dan Perekayasa Teknologi perikanan budidaya termasuk sarana dan prasarana pendukung
  3. Pelaku usaha di bidang perikanan budidaya
  4. Pemerhati di bidang perikanan budidaya
  5. Perguruan Tinggi
  6. Mahasiswa/Pelajar
  7. Masyarakat Umum

 

CALL FOR PAPERS

FITA 2016 mengajak para peneliti, perekayasa, dosen, mahasiswa, praktisi dan para pelaku di bidang usaha perikanan untuk mengirimkan makalah untuk dipresentasikan baik oral maupun poster yang meliputi seluruh bidang penelitian dan pengembangan teknologi perikanan khususnya budidaya.

Kegiatan seminar terbagi dalam empat bidang presentasi oral yang dilaksanakan secara paralel. Setiap pemakalah akan diberikan waktu untuk presentasi maksimum 15 menit (termasuk diskusi). Penyaji harus membuat bahan presentasi dengan menggunakan power point yang diserahkan kepada Panitia. Panitia hanya menyediakan LCD Projector dan komputer notebook untuk presentasi.

Sesi presentasi poster akan dilakukan secara terpisah dengan sesi seminar. Setiap poster yang dipajang, pada waktu yang ditentukan harus didampingi oleh penulis poster untuk melayani peserta. Peserta membawa sendiri standing poster dan poster yang akan dipresentasikan dengan ukuran maksimal (t) 160 x (l) 60 cm.

 

ABSTRAK DAN MAKALAH

Forum Inovasi Teknologi Akuakultur 2016

 

Makalah diketik pada kertas A4 dalam format MS-Words dengan jenis huruf Arial (termasuk tabel, grafik, dan rumus). Ukuran huruf yang digunakan dalam makalah adalah 12 points bold (untuk judul), 10 points (untuk nama penulis dan alamat), 11 points (untuk abstrak, kata kunci, dan isi makalah)

  •  Makalah berisi Abstrak (Indonesia dan Inggris), Pendahuluan (menguraikan latar belakang, tujuan, dan manfaat penelitian), Bahan dan Metode, Hasil dan Bahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima  Kasih dan Daftar Acuan (kumpulan pustaka yang digunakan);
  • Diketik dalam satu spasi dengan lebar margin 4 cm untuk batas kiri dan 3 cm untuk semua margin (kanan/atas/ bawah);
  • Setiap paragraf dipisahkan dengan satu spasi kosong;
  • Makalah  maksimal 15 halaman termasuk tabel, gambar, dan lampiran;
  • Tabel  dan  grafik  harus  menyertakan  datanya  dalam format MS-Excel;
  • Rumus-rumus matematika diketik menggunakan Equation; Prosedur penulisan selengkapnya dapat dilihat atau download di website http://p4b.litbang.kkp.go.id atau http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/jra/about/submissions#authorGuidelines;
  • Makalah akan diterbitkan dalam bentuk prosiding  (digital)  setelah dilakukan  koreksi oleh reviewer dan diperbaiki oleh penulis sesuai saran reviewer.

 

Deadline Makalah

Makalah lengkap diterima Panitia selambat-lambatnya tanggal 4 Maret 2016 jam kerja. Makalah yang masuk akan diseleksi, dan hasil seleksi akan diberitahukan kepada pemakalah melalui website pada tanggal 29 Maret 2016. Makalah lengkap dapat dikirim melalui E-mail panitia FITA 2016 yaitu publikasi.p4b@gmail.com

Makalah yang diseminarkan melalui presentasi oral atau poster dan belum pernah diterbitkan di publikasi lain akan diterbitkan dalam Prosiding FITA 2016. Makalah yang memenuhi kriteria ilmiah jurnal dan lolos seleksi oleh Dewan Redaksi akan dimuat dalam Publikasi yang diterbitkan oleh Puslitbang Perikanan dan terakreditasi oleh LIPI (Jurnal Riset Akuakultur dan Indonesian Aquaculture Journal) atau Media Akuakultur.

 

KERJASAMA

Kegiatan FITA 2016 ini diselenggarakan atas kerjasama:

  1. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan, Badan Litbang KP
  2. Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya
  3. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur
  4. Universitas Airlangga

Informasi lebih lanjut tentang FITA 2016, dapat menghubungi Joko Hardono (0813 1092 3995) atau Suprapti (0813 8301 9596) atau di website: p4b.litbang.kkp.go.id

 

Download Brosur Pendaftaran icon-download21

Leave a Reply