Buku Panduan FITA 2016

bukupand

FORUM INOVASI TEKNOLOGI AKUAKULTUR

SURABAYA, 25-26 APRIL 2016

 

Pendahuluan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Permen KP No. 45 Tahun 2015 telah mencanangkan Rencana Strategis (Renstra) dengan visi mewujudkan sektor kelautan dan perikanan Indonesia yang mandiri, maju, kuat, dan berbasis kepentingan nasional dan misi KKP yaitu kedaulatan, keberlanjutan, kesejahteraan. Sektor kelautan dan perikanan telah dijadikan sektor unggulan nasional, yang penjabarannya dilaksanakan KKP dengan pendekatan fungsi/bisnis proses mulai dari hulu sampai hilir. Untuk itu, para pelaku usaha perikanan mulai dari nelayan, pembudidaya ikan, serta pengolah dan pemasar hasil perikanan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, nilai tambah, dan daya saing, sekaligus membangun sistem produksi yang modern dan terintegrasi dari hulu sampai ke hilir. Dengan demikian, masyarakat perikanan diharapkan mampu mengokohkan struktur usaha perikanan nasional, yang membawa multiplier effect sebagai prime mover perekonomian nasional.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan (Puslitbang Perikanan) sebagai institusi yang bertanggungjawab dalam bidang penelitian dan pengembangan perikanan baik budidaya maupun sumberdaya memandang bahwa kebijakan tersebut merupakan tantangan dan peluang yang sangat baik dalam pengembangan produk dan teknologi perikanan khususnya budidaya yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Dalam rangka mendukung kebijakan tersebut serta sebagai bentuk pertanggungjawaban atas mandat yang diberikan, Puslitbang Perikanan berencana akan menyelenggarakan kegiatan FORUM INOVASI TEKNOLOGI AKUAKULTUR (FITA) 2016. FITA merupakan program kerja tahunan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan, dan untuk tahun 2016 ini diselenggarakan di Surabaya dengan dukungan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dan Universitas Airlangga. Penyelenggaraan FITA ditujukan sebagai ajang penyebarluasan hasil penelitian dan berbagi informasi tentang perkembangan produk dan teknologi perikanan yang dikemas dalam bentuk seminar hasil penelitian.

Selain itu, kegiatan FITA tahun 2016 ini juga diselenggarakan untuk mendukung penyelenggaraan IndoAqua-FITA tanggal 26 April 2016 di Grand City Surabaya serta Asian-Pacific Aquaculture (APA) 2016 yang akan diselenggarakan pada tanggal 27-29 April 2016.

 

Tema

“ Inovasi Teknologi Akuakultur Dalam Mendukung Kedaulatan Pangan dan Keberlanjutan Usaha Budidaya Menuju Masyarakat Perikanan Sejahtera ”

 

Kegiatan

FITA 2016 terdiri atas dua kegiatan yaitu:

  1. Presentasi nara sumber yang terkait dengan penelitian dan pengembangan perikanan khususnya akuakultur dan perkembangan teknologi terbaru di bidang
  2. Seminar oleh peneliti, perekayasa, akademisi, dan stakeholder lainnya yang terkait dengan multi aspek penelitian dan pengembangan IPTEK dan inovasi di bidang akuakultur.

 

Topik Bahasan

  1. Teknologi Akuakultur Berkelanjutan
  2. Nutrisi dan Teknologi Pakan
  3. Kesehatan ikan
  4. Genetika dan Reproduksi

Buku Panduan lengkap dapat di lihat di  Panduan FITA 2016

Leave a Reply