FITA 2016

pembukaan-FITA-Kabadan

 

Surabaya, 25 April 2016.  Pembukaan pelaksanaan Forum Inovasi Teknologi Akuakultur yang ke delapan dilakukan oleh Zulficar Mochtar, selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan. Kegiatan dilakukan di Hotel Harris, Gubeng Surabaya Jawa Timur. Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama (KB) dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo dan Universitas Danayu Ikhsanuddin, Kota Baubau Provinsi Sulawesi Utara.

Forum Inovasi Teknologi Akuakultur 2016 (FITA 2016) merupakan ajang pertemuan para pelaku akuakultur untuk saling bertukar informasi antara penghasil teknologi (peneliti, perekayasa, akademisi) dan pengguna teknologi akuakultur di Indonesia. Akuakultur di Indonesia merupakan industri yang berkembang dengan pesat dan mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat pedesaan, perkotaan, dan pesisir, dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tema FITA 2016 adalah “Inovasi Teknologi Akuakultur Dalam Mendukung Kedaulatan Pangan dan Keberlanjutan Usaha Budidaya Menuju Masyarakat Perikanan Sejahtera ”.

Sebagai salah satu produsen tertinggi di dunia dalam akuakultur, profitabilitas jangka panjang tidak dapat diperoleh tanpa bertanggung jawab untuk kelestarian lingkungan. Para peneliti, perekaya dan akademisi akan berkumpul untuk membahas perkembangan terbaru dan teknologi baru di mana akuakultur yang ramah lingkungan telah menjadi tantangan bagi industri.

FITA 2016 diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan pada tanggal 25 April 2016 di Hotel Harris Surabaya dengan dukungan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dan Universitas Airlangga serta pada tanggal 26 April 2016 bergabung dengan INDOAQUA di Grand City Surabaya untuk kegiatan Plenary Session. Kegiatan FITA 2016 terdiri dari 1) Presentasi narasumber yang akan diisi  oleh Prof. Patrick Sorgeloos dan Dr. Farshad Shishehchian dan 2)  Presentasi makalah oral dan poster.

Penyelenggaraan FITA 2016 diselenggarakan  untuk mendukung kegiatan APA (Asia Pacific Aquaculture) 2016 yang akan berlangsung pada tanggal 26-29 April 2016 di Grand City, Surabaya. APA 2016 merupakan ajang pertemuan para penggiat akuakultur di kawasan Asia Pasifik. Pertemuan APA 2016 akan dihadiri lebih dari 40 negara yang akan mengikuti sesi industri, sesi teknis dan pameran. Terpilih sebagai presiden APA 2016 adalah Dr. Endhay Kusnendar dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

FITA 2016 dan APA 2016 akan menjadi kesempatan yang luar biasa bagi akademisi dan ahli budidaya untuk meningkatkan dan berbagi pengetahuan, terlibat dengan rekan-rekan, memperluas jaringan, dan memperluas visi mereka. Ini juga akan menjadi sebuah platform nasional dan internasional para ahli industri akuakultur untuk bertemu dengan calon mitra bisnis dan memperoleh pasar baru

 

File Pdf Pers Bahan Pers Rilis

 

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan

Leave a Reply