REIKKA 2016

reika2016

REIKKA (Rekreasi, Edukasi, Informasi, Komunikasi, Konservasi dan Atraksi) adalah even nasional tahunan Balitbangdias untuk mempercepat penyebaran hasil litbang ikan hias ke masyarakat luas. REIKKA telah diselenggarakan 2 tahun terakhir. Tema REIKKA 2014 adalah : “Kenali, Sayangi, Selamatkan & Lestarikan Ikan Pelangi Papua”. Tema REIKKA 2015 adalah : “Sinergitas Pemangku kepentingan Ikan Hias untuk Mendukung Perikanan Budidaya yang Mandiri.”

Tema yang diusung pada kegiatan pada REIKKA 2016 “Indonesia Menuju Produsen Ikan Hias No. 1 di Dunia Tahun 2019”, diharapkan dalam kegiatan ini dapat menjadi ajang koordinasi antar pemangku kepentingan untuk mendapatkan umpan balik terkait dengan informasi, teknologi, lalu lintas perdagangan ikan hias dan semua hal yang berkaitan untuk mewujudkan Indonesia sebagai produsen ikan hias No.1 di Dunia. Kegiatan yang akan digelar terdiri atas Diskusi dan Komitmen Bersama, Gelar Teknologi dan Pameran. Kegiatan menjadi lebih menarik dengan adanya dukungan kegiatan promosi REIKKA seperti lomba menggambar dan mewarnai untuk pelajar, demo teknologi budidaya ikan hias serta edukasi ikan hias. Pada kegiatan ini juga diluncurkan Buku Ikan Hias Indonesia dan Rilis Domestikasi Ikan Rainbow Kurumoi.

REIKKA 2016 dilaksanakan pada tanggal 14-15 November 2016 di dua tempat. Pada Senin, 14 November 2016 bertempat di Auditorium Gedung REIKKA I Balitbangdias yang beragendakan Diskusi Rencana Aksi Nasional dan Komitmen Bersama “Indonesia Menuju Produsen Ikan Hias No. 1 di Dunia Tahun 2019”. Pada Selasa, 15 November 2016 kegiatan dilangsungkan di Balai Kota Depok yang beragendakan Gelar Teknologi dan Pameran, bertepatan dengan Hari Ikan Nasional (Harkannas) di tempat yang sama.

Berdasarkan data perdagangan ikan hias UN Comtrade, produksi ikan hias Indonesia terus mengalami peningkatan pada rentang waktu 2009 hingga 2013 yang menempatkan Indonesia sebagai produsen ikan hias peringkat empat dunia. Bahkan dalam dua dekade terakhir, Indonesia merupakan pengekspor penting untuk perdagangan ikan hias dunia. Keanekaragaman hayati ikan hias Indonesia sangat tinggi. Indonesia tercatat memiliki 400 spesies ikan hias air tawar dan 650 spesies ikan hias air laut serta masih banyak spesies ikan hias yang belum teridentifikasi.

 

Sumber : Tim Media Balitbangdias Depok, Tim Humas BalitbangKP