Knowledge Management

Knowledge Management (KM) adalah ungkapan yang menggambarkan serangkaian strategi, sistem dan teknik yang digunakan oleh individu, team dan korporasi untuk mengelola ‘knowledge’. Ada berbagai definisi KM dan juga definisi ‘knowledge’ yang berkembang namun belum mencapai suatu kesepakatan global. Bagi banyak praktisi KM, ‘knowledge’ lebih cenderung diartikan sebagai ‘pemahaman’, ‘insights’ atau ‘experience’ subjective yang diperoleh seseorang ketika mempraktekkan sebuah informasi dalam realita. Knowledge ini kemudian umumnya dibakukan dalam bentuk proses bisnis, praktek, peraturan ataupun bentuk dokumentasi lain. Sesuai dengan sifat ‘knowledge’ yang demikian subjective, validasi sebuah ‘individual knowledge’ menjadi ‘collective knowledge’ hanya bisa tercapai jika terbangun proses knowledge sharing tukar menukar individual knowledge. Collective knowledge yang tervalidasi dan terdokumentasi adalah sumber kekuatan dalam konteks korporasi. Semua organisasi melakukan KM baik secara sadar maupun tidak. Masalahnya ialah ketika KM dikelola dengan tidak terencana, tertata dan terintegrasi secara full dengan strategi bisnis secara umum (seperti HR, IT, RM, TQM, SM, produksi, dst) maka akan timbul inefektifitas dan ineffisiensi di semua lini. Ketika kondisi ini dihadapkan dengan tingginya persaingan dunia, maka korporasi yang tidak begitu peduli soal KM akan cenderung tertatih dan tertinggal dalam persaingan.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Knowledge_management