Pedoman Media Akuakultur

MEDIA AKUAKULTUR

Pedoman bagi Penulis

 

UMUM

1. Media akuakultur memuat hasil-hasil penelitian terapan bidang akuakultur dan bidang lainnya yang terkait.

2. Naskah yang dikirim merupakan karya asli dan belum pernah/tidak sedang dipublikasikan di tempat lain.

3.  Naskah diketik dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, tidak diperkenankan menggunakan singkatan yang tidak umum.

4. Naskah diketik dengan program MS-Word dalam dua spasi maksimal 15 halaman A4 (termasuk tabel dan gambar), huruf Times New Roman 12.

5. Naskah dikirimkan ke Redaksi Pelaksana Media Akuakultur , Jl. Ragunan 20, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12540, telp. (021) 7805052, faks. (021) 7815101, e-mail: publikasi.p4b@gmail.com.

6. Dewan redaksi berhak menolak naskah yang dianggap tidak layak untuk diterbitkan.

7. Jurnal elektronik : http://p4b.litbang.kkp.go.id/p4bjurnal/

 

PENULISAN NASKAH

1. Judul : Tidak lebih dari 15 kata dan harus mencerminkan isi naskah, diikuti dengan nama penulis, instansi penulis serta alamat e-mail.
2. Abstrak : Ditulis dalam satu paragraf dan ditampilkan dalam bentuk dwi bahasa (paling banyak 250 kata  dalam bahasa Indonesia dan 150 kata dalam bahasa Inggris). Abstrak berisi gambaran singkat mengenai permasalahan pokok yang dibahas, alasan penelitian, metode yang digunakan, pernyataan singkat apa yang telah dihasilkan dan kemungkinan prospeknya.
3. Kata kunci : Ditulis dalam bentuk dwi bahasa, yaitu dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, terdiri atas tiga sampai lima kata ditulis di bawah abstrak. Penulisan mengacu pada Agrovocs.
4. Pendahuluan : Berisi latar belakang, justifikasi, tujuan, sasaran, serta pokok-pokok topik yang akan dibahas.
5. Bahan dan Metode : Diuraikan secara rinci dan jelas mengenai bagaimana data diperoleh dan sumbernya serta bagaimana data dianalisis, jika metode yang digunakan telah diketahui sebelumnya harus dicantumkan acuannya.
6. Hasil dan Bahasan : Diuraikan secara jelas serta dibahas suatu topik atau permasalahan yang terkait dengan judul.
7. Kesimpulan : Diuraikan secara ringkas dan jelas mengacu kepada pokok-pokok bahasan.
8. Ucapan Terima Kasih : Disampaikan bila ada.
9. Daftar Acuan : Dicantumkan dengan mengikuti gaya sitasi APA (American Psycological Association). Acuan dalam naskah dikutip dengan menuliskan nama pengarang diikuti tahun publikasinya (Sugama & Radiarta (2000)), kecuali terdapat tiga atau lebih pengarang hanya ditulis nama pengarang pertama diikuti et al., contoh Sugama et al. (1999). Daftar acuan disusun menurut abjad. Acuan yang disarankan adalah acuan dengan terbitan lima tahun terakhir dan merupakan acuan primer. 
10. Tabel : Ditulis dalam bentuk dwi bahasa, bahasa Indonesia dan Inggris, diberi judul singkat, jelas (informatif) dan diberi nomor urut, diketik menggunakan program MS-Excel. 
11. Gambar & Grafik : Diberi judul dan nomor urut dengan angka Arab. Judul dan keterangan gambar ditulis dalam dwi bahasa (bahasa Indonesia dan Inggris) dan diletakkan di bawah gambar. Grafik disertai dengan data digital menggunakan program MS-Excel 
12. Foto : Dipilih warna kontras atau foto hitam putih, judul foto ditulis dalam dwi bahasa (bahasa Indonesia dan Inggris), dan diberi nomor urut

 

Contoh dan pedoman lengkap klik disini

Leave a Reply